8 Fakta Unik Seputar Vespa Modern Termahal, 946 Emporio Armani

big-02

Vespa 946 Emporio Armani (EA) merupakan model skuter modern yang sangat istimewa. Pertama kali diperkenalkan di publik Tanah Air sejak September 2015 yang lalu, skuter ini terhitung salah satu model yang sangat jarang kita jumpai berlalu-lalang di jalanan.

Hal ini dikarenakan Piaggio Group memproduksinya dalam jumlah yang sangat terbatas atau Limited Edition. Secara umum Vespa 946 EA ini merupakan edisi paling spesial dari Vespa 946 yang sebelumnya telah mengaspal pada tahun 2013 silam. Keduanya seperti yang kita ketahui merupakan ‘reinkarnasi’ dari model Vespa MP6 prototype.

Nah, sebagian besar dari jumlah penggemar Vespa di Tanah Air bahkan dunia jelas sangat penasaran dengan keistimewaan dan fakta-fakta seputar model Vespa modern termahal ini. Berikut adalah 8 fakta unik Vespa 946 EA.

vespa-946_feature2

1. Nama ‘Emporio Armani’

Nama Emporio Armani mungkin terdengar sangat asing bagi kita kaum lelaki karena kata ini merupakan perwujudan dari perusahaan yang bergerak di bidang fashion. Armani sendiri menjadi salah satu ikon fashion dunia yang terlahir sama dengan Piaggio-Vespa, di Italia. Ia didirikan oleh seorang berkebangsaan asli negeri pizza yang bernama Giorgio Armani yang telah memiliki banyak cabang di dunia, termasuk di Indonesia.

2. Vespa vs Emporio Armani (EA)

Piaggio-Vespa menggandeng EA salah satunya untuk semakin meningkatkan prestise ikon skuter dunia yang stylish dan fashionable. Dewasa ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa Vespa tidak hanya menjadi kendaraan transportasi saja namun telah berhasil menjadi sebuah kebutuhan gaya hidup (lifestyle).

vespa-946_collection1

Munculnya Vespa 946 EA menjadi tonggak sejarah bagi kedua ikon ternama Italia ini, lantaran ia terlahir disaat Piaggio genap berumur 130 tahun sedangkan Emporio Armani merayakan hari jadinya yang ke-40 tahun.

3. Termahal di kelasnya

Vespa 946 Emporio Armani berhasil menjadi model skuter termahal di line-up skuter Piaggio-Vespa. Secara resmi skuter modern ini dijual oleh pihak Piaggio Indonesia seharga Rp 196-197 juta On The Road Jakarta. Harga itu belum termasuk beberapa aksesori khas yang hanya bisa ‘ditempelkan’ di Vespa 946 EA saja.

vespacom-946-handmade-08

4. Sentuhan tangan manusia

Sebagai salah satu ikon skuter yang fashionable – Vespa 946 EA dirakit dan mendapat beberapa aksesori hasil keindahan dan ketelitian sentuhan tangan manusia. Setiap proses perakitan mulai dari pembuatan frame, bodyworks, paintworks dan pemasangan instalasi dikerjakan oleh tangan-tangan ahli para teknisi Piaggio Group di Italia.

Aksesori yang yang mencerminkan keindahan fashion Emporio Armani dapat kita lihat mulai dari tas hingga handgrip cover yang terbuat dari kulit premium berwarna coklat.

5. Bukan hitam

Sentuhan pewarnaan bodyworks yang hadir pada Vespa 946 EA memang secara kasat mata terlihat seperti warna hitam, namun sebenarnya warnanya merupakan perpaduan antara hijau gelap dengan abu-abu sehingga menghasilkan warna kombinasi yang sedemikian indahnya.

vespa-946_feature4-1

6. Emblem dan detail cantik

Sebagai salah satu identitas yang sangat terlihat pada Vespa 946 EA adalah hadirnya emblem ekslusif bertuliskan ‘Emporio Armani yang berada pada sisi bodinya. Sedangkan logo EA yang terlihat sebagai elang hadir pada sektor headlamp dan di bawah jok.

Detail cantik lainnya terdapat pada beberapa bagian logamnya yang diproses dengan sistem galvanic menciptakan hasil akhir mirip dengan satin dengan efek opaque pada body skuter modern ini.

7. Data teknis

Vespa 946 EA memiliki beberapa perbedaan soal data teknis kendaraan dengan model Vespa 946, ia dibekali dengan mesin yang lebih kecil yakni 125cc. Untuk teknologi mesin tidak jauh berbeda, 946 EA dibekali dengan satu silinder, 4 Stroke, 3V, electronic injection namun dengan efisiensi konsumsi bbm dan gas emisi teratas di kelasnya.

vespa-946_collection2

Mesin ini mampu mnghasilkan tenaga sebesar 11,4 hp pada 8.250 rpm dengan torsi puncak mencapai 10,7 pada 6.500 rpm. Sektor rem cakram ganda berdiameter 220 mm dibekali sistem traction control ASR dan sistem ABS serta diameter ban 12inci.

Fitur canggih juga tetap menjadi fokus utama Piaggio Group dalam melahirkan 946 EA ini. Ia dibekali dengan teknologi fungsi kontrol elektronik yang dapat terintegrasi dengan perangkat internet untuk memudahkan para pengendara.

8. Tidak diketahui jumlah pastinya

Mahalnya harga Vespa 946 EA tidak hanya terlepas dari faktor keistimewaan komponen yang menyertainya, namun juga jumlah ketersediaan unitnya di dunia. Hingga saat ini kata Limited Edition yang menyertai namanya sangat sulit untuk ditelusuri kepastian jumlah unitnya. Hal ini didukung oleh pihak Piaggio Group dan perwakilannya di Indonesia (Piaggio Indonesia) yang tidak menyebutkan jumlahnya secara pasti.

vespa-946_collection3

Source : www.id.vespa.com, www.vespa.com, 946.vespa.com

Youtube : Vespa Official

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *