Ban Vespa Kamu Bocor? Coba Isi Dengan Kain Yuk!

Ilustrasi vespa bocor di tengah jalan © mosoklali.com

Pernahkah kamu terjebak dalam kondisi seperti ini? Sedang asyik berjalan-jalan ke pantai dengan kekasih, eh tiba-tiba si vespa ngambek. Rupanya salah satu ban vespa mendadak bocor, dan sialnya kamu tak menemukan tambal ban serta sinyal pun habis. Bingung mau ngapain? Mungkin tips dari Handaru Ridqian Oktantio, anggota DFIS Purwakarta ini akan sangat berguna.

Yap, jangan khawatir karena skuter semok ini memiliki keistimewaan. Jika dulu kelebihan vespa adalah memiliki ban serep yang bisa dibawa ke mana-mana karena merupakan kelengkapan motor, mungkin kini sangat jarang ditemui penggemar vespa melengkapi tunggangannya dengan ban serep itu. Namun, ada cara lain untuk mengakali ketika kamu ada di posisi darurat saat ban mendadak bocor in the midlle of nowhere.

Pertama-tama adalah pastikan bahwa kamu memang membawa peralatan mekanik minimal untuk membongkar pasang ban vespa. Jika ternyata kamu tak punya ban serep, kamu tak perlu depresi dulu. Bagaimana bisa? Kan nggak bawa ban serep? Tenang, kumpulkan saja lap bekas atau kain-kain kotor yang kamu miliki. Tak punya kain? Kamu bisa minta bantuan ke warga setempat.

Sesama penunggang vespa, harus saling bantu

Dilansir Motorplus-Online, langkah pertama yang kamu lakukan adalah membongkar ban yang bocor dan lihat tingkat keparahannya. Lalu keluarkan segera ban dalamnya dan ganti isinya dengan kain kotor atau lap bekas. Sebelumnya, kamu harus melipat kain membentuk bulatan seperti batu dan dimasukkan satu persatu sampai ban luar benar-benar padat. Setelah itu, saat pasang pelg usahakan baju kotor dan lap bekas tak terjepit pelg. Dan ingat, pasang ban yang bocor di bagian depan karena beban di depan lebih ringan.

Memang sih saat Vespa berjalan 100-200 meter bakal sedikit goyang. Namun lama-kelamaan kain di dalam ban bakal menyesuaikan sendiri seiring dengan putaran ban. Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada dan melaju dengan kecepatan antara 30-40 km/jam. Kendati cuma berisi kain, jarak tempuh vespa bisa mencapai 20 km lhoh.

Cukup kan sampai menemukan tukang tambal ban terdekat?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *