Cuma Pakai Feeling, Vespa PX 150 Bisa Jadi Raja Jalanan

Inilah Agni dan Vespa PX 150 kesayangannya © Motorplus-Online

 

Ada beberapa pendapat yang bilang bahwa jangan mau membeli vespa karena motor itu tidak bisa berlari kencang. Bahkan berbagai ajang balap baik dalam dan luar negeri seolah hampir tak pernah memasang vespa sebagai tunggangan mereka. Apakah memang si sexy ini tak bisa melaju kencang?

Hmm, sepertinya pendapat itu bakal berubah jika kamu mengenal sosok Agni Herton. Agni sendiri adalah juara kelas Tune Up Pemula di event Scooter Prix 2014 pada Mei 2014 silam. Hebatnya, Agni berhasil juara hanya menunggangi Vespa PX 150 buatan tahun 1993. Yap, yang kamu baca ini benar. Agni memilih vespa sebagai kendaraannya untuk saling adu cepat.

Onderdil yang dibuat makin tangguh, juara! © Motorplus-Online

Tentu kamu bertanya, apa yang dilakukan Agni untuk vespanya sehingga bisa jadi juara? Dilansir Motorplus-Online, pemuda Tasikmalaya ini bahkan mengaku memodifikasi Vespa kesayangannya hanya berdasarkan ‘feeling’, sungguh seperti orang yang jatuh cinta saja ya? Bersama dengan rekannya yang bernama Oki Kurniawan, mereka berdua menyulap PX 150 menjadi tangguh. Hal itu dimulai dengan memasang piston Yamaha RX-King oversize 200 yang berdiameter 60 mm ke ruang silinder. Kapasitas awal mesin yang 149 cc akhirnya terdongkrak menjadi 161 cc dan membuat tenaga meningkat.

Untuk menyempurnakan masuknya bahan bakar, mereka menyesuaikan lubang buang dan lubang transfer dalam PX 150 milik Agni. Jika lubang buang dibuat 35 mm dari bibir atas silinder, maka lubang transfer sedikit dibesarkan. Untuk penyembur bahan bakar, tak main-main mereka memakai karbu Keihin PWL 26 mm yang sejatinya milik Kawasaki Ninja 150 R.

Uniknya, rupanya ukuran pilot jet dan main jet masih standar lho. Oki hanya membesarkan sedikit lubangnya dengan kawat dan lagi-lagi semua itu dilakukan berdasarkan feeling untuk menentukan pas atau tidaknya. Agni menjelaskan bahwa pengapian pada motornya itu masih banyak yang standar dan modifikasi dilakukan pada magnet yang dibubut sampai berbobot 1,4 kg.

Mempercantik vespa kesayangan Agni, Oki memasang shock belakang dengan monoshock Kawasaki KLX 150 yang sudah dimodif. Menurutnya, shock ini membuat motor jauh lebih stabil saat melaju di tikungan dan tidak kalah dengan motor berbiaya mahal. Buktinya? Agni menjadi jawara. Gimana gaes, berniat mengubah vespa kamu jadi raja jalanan? Awas tetap hati-hati di jalan raya ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *