Darurat Busi Vespa Mati? Pecahkan Saja Keramiknya!

002

Pernahkah kalian mengalami mogok saat mengendarai Vespa 2Tak saat dalam perjalanan? Sedangkan posisi kita kelupaan atau tidak membawa busi baru cadangan, jangan terburu-buru panik ya, bro.

Terbilang unik memang trik untuk mengatasi busi mati pada Vespa kita, bagaimana caranya? Dalam kondisi ini kita bisa atasi dengan memecahkan keramik elektroda busi.

“Jika kita mengalami masalah ini (busi mati) dan tidak membawa busi cadangan yang baru, bisa langsung pecahkan keramik pada ujung elektroda busi hingga terlihat jelas [1. & 2.]. Setelah itu bersihkan sisa serpihan keramik yang mungkin bisa tertinggal di dalam rongga elektroda itu [3.], ungkap Rudi pemilik bengkel Predator Malves.

Nah untuk memecahkan keramik pada ujung elektroda busi ini sangat mudah, kita bisa menggunakan tang. Jepit keramiknya dengan tekanan yang cukup tanpa harus memuntirnya terlalu kencang, dikhawatirkan gerakan memuntir justru akan membuat patah kawat elektrodanya.

tips-vespa_busi-pecah_vespapora-com

Langkah selanjutnya jika diperlukan setelah memecahkan keramik elektrodanya bisa kita atur kembali jarak kerapatan (celah) kepala busi [4.].

“Secara teknis, memecahkan keramik elektroda busi memungkinkan luas penampang percikan listrik (api) semakin besar karena keramik atau sering disebut insulator nose ini berfungsi sebagai isolator (penahan) serta memfokuskan terjadinya percikan listrik hanya pada ujung kawat elektroda di kepala busi, tutup Rudi kepada Vespapora.com, Selasa (06/12/2016).

Namun demikian perlu diingat bahwa trik unik ini berfungsi maksimal hanya bersifat sementara waktu saja, jadi usahakan setelah mesin jalan tau hidup lagi segeralah cari busi baru di bengkel terdekat.

Silakan mencoba dan selalu safety riding ya, sobat Vespisti.

cutaway

(Gambar skema busi : www.yamaha-motor.com.ph)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *