Cerita Ketangguhan Dokter Ferry, ‘Operasi’ Vespa Ape 1969 Jadi Cantik

Seperti ini tampilan asli Vespa Ape 1969 © thescooterist.com

 

Jujur, ketika pertama kali melihat body Vespa Ape 1969, apa yang ada di pikiranmu? Yap, kamu pasti akan teringat dengan sosok Bajaj. Karena memang Vespa Ape 1969 memiliki roda tiga bak Bajaj. Pertanyaan pun muncul, apakah ada yang ingin memiliki tunggangan Vespa Ape 1969? Jawabannya adalah ada.

Selayaknya ungkapan bahwa ketika cinta itu tumbuh, maka apapun akan rela dilakukan. Hal itu pula yang dialami para penggemar Vespa Ape 1969 yang tak segan mengeluarkan budget cukup besar untuk menambal kekuatan Ape menjadi semoncer saat pertama kali dirilis. Dan hal itulah yang dilakukan oleh Ferry Sofyan, seorang dokter yang tinggal di Cibubur, Jakarta Timur.

Inilah Vespa Ape 1969 milik dokter Ferry © Motorplus-Online

Ferry pertama kali bertemu dengan Vespa Ape kesayangannya tahun 1999. Saat ditemukan dulu, kondisi Ape itu hanya sebatas rangka, bodi depan, sepatbor, sasis dan bonus mesin dalam kondisi mati total. Enggan pantang menyerah, dokter yang memiliki klinik di Mall of Indonesia ini mengoperasi Ape miliknya selama kurang lebih 8 tahun dan dilakukan secara bertahap, seperti dilansir Motorplus-Online.

Tahap pertama dilakukan Ferry menggunakan acuan gambar-gambar di majalah atau buku sehingga hanya berfokus pada fisik saja. Baru tahap kedua dia mulai fokus pada bagian mesin. Karena bentuk Ape yang sama dengan Bajaj, Ferry memakai jasa mekanik Bajaj untuk membuat Ape miliknya berderu kembali. Masalah muncul saat mesin Ape sudah hidup tapi koplingnya bermasalah dan sering menyangkut. Rupanya terungkap bahwa kendati Ape memiliki dasar mesin Bajaj, kopling keduanya berbeda.

Mesin yang diubah total, dokter Ferry benar-benar tangguh © Motorplus-Online

Sekedar informasi untukmu, jika Bajaj tahun lama dilengkapi gigi mundur, tidak dengan Ape. Ferry beruntung memiliki rekan yang tinggal di Italia sehingga membuatnya berkorespondensi dengan pabrikan Vespa Italia dan berhasil mendapatkan spesifikasi detail, baik mesin maupun bodi lengkap dari Ape. Hal itu membuat Ferry berani melakukan modifikasi total tahap ketiga sampai membangun panel kayu jati untuk bagian boncengan yang sesuai ukuran aslinya.

Kini Ape kesayangan sang dokter, bercokol anteng di garasinya. Terbukti kan, kalau memang cinta berbicara, seorang dokter pun bisa ‘menyulap’ Vespa Ape 1969. Apa kamu punya cerita mirip dengan dokter Ferry?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *