FOTO: Uniknya Becak Balige Yang Ditarik Dengan Vespa Tua!

becak-vespa-balige_20160424_072859
Taraa, seperti inilah penampakan Becak Balige © TRIBUN MEDAN/ SILFA HUMAIRAH

 

Kalau membicarakan vespa tua, mungkin yang ada di benakmu adalah kendaraan bermotor dengan suara nyaring dan sering mogok. Banyak orang memang yang menghindari memakai vespa tua lantaran sering rewel. Namun tidak demikian dengan penduduk kota Balige yang justru menjadikan vespa tua sebagai mata pencaharian mereka.

Yap, jika kamu berjalan-jalan ke Balige yang merupakan ibukota Kabupaten Toba Samosir di provinsi Sumatera Utara, maka kamu akan bertemu dengan yang namanya Becak Balige. Menggunakan vespa tua keluaran tahun 1950-1980an, becak Balige menjelma jadi salah satu transportasi khas. Bahkan saat ada gelaran Festival Danau Toba, becak Balige akan berhias dan diarak keliling kota.

Dengan suara nyaring yang sangat khas, vespa tua tampaknya jadi motor antik yang dilestarikan di Balige. Bentuknya pun sangat unik karena memiliki aneka warna yang cukup terang seperti merah, kuning, biru dan hijau. Punya bentuk yang mungil, becak Balige selalu jadi pusat perhatian baik wisatawan domestik hingga bule-bule luar negeri, seperti dilansir Tribun News.

becak-vespa-balige_20160424_073216
Meski tua, vespa-vespa penarik becak Balige ini masih kuat © TRIBUN MEDAN/ SILFA HUMAIRAH

Jangan khawatir dengan biaya jasa becak Balige, karena cukup ramah di kantong yakni berkisar antara lima ribu hingga tiga puluh ribu rupiah tergantung jarak keliling kota Balige. Kamu pun akan merasakan sensasi unik kala berada di becak yang mirip bemo dan ditarik oleh vespa tua.

Salah satu cerita unik becak Balige dituturkan oleh Aman yang sering mangkal di pasar Balige, “Becak saya ini turun-temurun dan ditarik pakai Vespa tahun 70-an yang sebelumnya dipakai ayah saya. Vespa di Balige diyakini sudah ada sejak dulu dan diwariskan terus karena dibudidayakan untuk menarik wisatawan.”

Mengingat cukup sulitnya mencari vespa langka, para penarik becak Balige patut diacungi jempol. Karena di saat banyak orang sudah memodifikasi vespa tua, becak Balige tetap setia dengan vespa-vespa jadul yang masih punya performa luar biasa. Jadi kalau kamu ke Balige, jangan lupa naik becak Balige ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *