Hampir Seratus Juta Rupiah, SS90 Jadi Vespa Jadul Termahal di Dunia?

Pada masanya, SS90 sempat jadi ikon skuter sport

 

Memiliki slogan ‘Not Just a Scooter, A Way of Life’, memang membuat Vespa jadi ciri khas gaya hidup seseorang. Tak heran kalau skuter karya pria Italia bernama Enrico Piaggio ini masih bisa mempertahankan eksistensi mereka di tengah gerusan sepeda motor bebek atau banyak lainnya. Bukan hanya disukai orang-orang tua, vespa justru dengan mudah mencuri hati anak muda kekinian yang rela berburu vespa-vespa klasik.

Sejak perusahaan Piaggio memproduksi vespa pada tahun 1946, hingga kini sudah ratusan varian vespa dengan puluhan juta unit yang tersebar di seluruh dunia. Seolah-olah memahami bahwa yang jadul lebih menarik, tak heran kalau akhirnya kini harga vespa keluaran lawas mampu memiliki harga yang meroket. Salah satu yang cukup memiliki harga fantastis meskipun terhitung barang jadul adalah Vespa Super Sprint 90 (SS90) yang lahir pada 1966 dan Vespa GS150 yang muncul pada 1955.

Cakep? SS90 cuma tersedia dalam warna biru dan merah saja

Bicara soal SS90, Piaggio hanya memproduksinya hingga tahun 1971 dengan total 5.039 unit saja. Punya warna merah dan biru, SS90 dikenal sebagai ikon skuter sport yang gaul pada masanya. Punya body yang kecil dan ramping, SS90 memiliki stang sport dan roda cadangan di sela-sela kaki dan tangki yang membuatnya begitu mudah dikenal, seperti dilansir Liputan 6.

Dengan rangka jenis smallframe, SS90 punya ban berdiameter 25 cm dan mesin transmisi 4 percepatan yang mampu berlari hingga maksimal 93 km/jam. Lantaran jumlah unit yang terbatas, penjualan SS90 dan GS150 hanya bisa ditemukan di kalangan para pehobi dan bengkel vespa yang sudah melakukan restorasi vespa antik, seperti dilansir Vespaholic Indonesia.

Lalu-lalu berapa harga SS90? Siapkan duru USD 7.000 (sekitar Rp 94,1 juta). Hmm, nggak heran kalau akhirnya dijuluki sebagai vespa jadul termahal di dunia ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *