Sedih, Vespa Malah Dilarang Beredar di Kota Kelahirannya! Kenapa?

vespas_in_genoa_ej_3550391b
Motor-motor berjejalan di pinggiran jalan Genoa, mayoritas Vespa © Telegraph

 

Kalau menyebut nama vespa, pasti yang terlintas di benakmu adalah Italia. Yap, skuter dua roda yang begitu ikonik ini memang terlahir di Italia. Adalah Enrico Piaggio, pria kelahiran Genoa yang menciptakan vespa 70 tahun lalu. Hanya saja pada awal Januari tahun ini, vespa justru dilarang beredar di Genoa. Lhoh, kenapa?

vespa_in_narrow_al_3550398c
Ditunda hingga 1 April 2016, apakah larangan vespa tua di Genoa kini berlanjut? © Telegraph

Adalah Walikota Genoa yaitu Marco Doria yang menetapkan larangan itu. Kebijakan itu sendiri adalah melarang vespa yang dibuat sebelum tahun 1999 melintasi jalanan kota Genoa demi mengurangi polusi udara. Marco melarang vespa-vespa tua itu setiap hari Senin-Jumat pada pukul tujuh pagi hingga tujuh malam waktu setempat.

Hanya saja rupanya kebijakan Marco itu membuat murka para penggemar vespa di Genoa. Sekitar 20 ribu skuteris di Genoa langsung menyuarakan protes keras. Mereka menuding Marco melupakan sejarah bahwa pembuat vespa dilahirkan di Genoa, seperti dilansir Telegraph.

“Ini tak boleh terjadi di tahun 2016 karena sekarang adalah perayaan ulang tahun ke-70 vespa. Vespa diciptakan oleh Enciro Piaggio, warga asli Genoa,” ungkap Vittoria Vernazzano, salah satu anggota klub vespa di Genoa. Protes keras pun bermunculan di sosial media yakni Twitter, di mana saat itu hashtag #lamiavespanonsitocca (jangan sentuh vespaku) ramai disuarakan. Slogan-slogan seperti ‘E nata a Genova, muore a Genova’ (vespa lahir di Genoa, mati pun di Genoa) pun bermunculan.

Genoa sendiri tercatat sebagai pengguna skuter terbanyak perkapita dibandingkan kota lain di Italia. Sekitar 180 ribu penduduk Genoa adalah pengguna vespa, moped dan sepeda motor dari total 600 ribu warganya. Kebijakan ini dikeluarkan oleh pemerintah Genoa pada 31 Desember 2015 dan harusnya siap dilaksanakan pada 1 Februari 2016. Namun tingginya penolakan publik membuat Marco menunda kebijakannya hingga 1 April 2016.

Jadi, apakah sekarang Genoa masih melarang peredaran vespa-vespa tua?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *