Mengenal Vespa Special  Yang Sempat Berjaya di Indonesia

Kalau bertanya soal motor favorit kepada orang tua yang menikmati masa muda di tahun ’70-an, bisa dipastikan jawaban mereka adalah vespa Special alias vespa 90. Ya, motor ini memang mengalami masa kejayaannya di tahun ’70-an.

Saat itu, hampir tidak ada orang yang tak ingin memiliki vespa ini. Desainnya yang cantik dan bodynya yang ramping membuat banyak orang ingin mengendarainya. Rasanya keren sekali kalau sudah membawa vespa ramping ini.

Vespa Special adalah salah satu jenis motor yang tangguh pada masanya. Pada masa itu, motor dua tak dengan kapasitas 90 cc ini adalah yang paling hebat. Mengalahkan pesaingnya yang datang dari Jepang.

Dengan kapasitas mesin yang ada, vespa Special bisa mencapai kecepatan maksimal 80 km per jam. Memang bukan angka yang menakjubkan, tapi, untuk masa itu, kecepatan ini sudah sangat bagus.

Motor ini memakai elemen karburator Dell Orto SHBC 16.16mmyang memerlukan perawatan yang cukup telaten dan teliti.  Untuk Masalah bahan bakar,  skuter ini bisa menampung bensin dalam jumlah yang cukup banyak. Tangki vespa Special ini bisa menampung 4,5 liter bensin, sehingga memudahkan bagi pemiliknya untuk tidak sering-sering mampir ke SPBU.

Sama seperti  vespa klasik yang lain, tangki bensin vespa Special masih menyatu dengan wadah oli samping.  Karena itu, tak jarang para pemiliknya langsung menuangkan oli bersamaan dengan bensin agar menyatu dengan baik di dalam mesin.

Meski memiliki kelebihan yang cukup signifikan, tapi perawatan yang cukup ribet membuat banyak orang mulai meninggalkan Special dan mulai melirik varian lain. Karena itulah, masa kejayaan vespa ini hanya bertahan selama 7 tahun saja. Pada tahun 1984, motor ini sudah tak lagi dilirik oleh para pengendara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *