sembra-una-vespaJika di dunia mobil ada Volkswagen yang memiliki desain ikonik; maka dunia sepeda motor memiliki Vespa yang sama ikoniknya. Bentuk yang khas dengan desain unik; membuat motor keluaran pabrikan Piaggio asal Italia ini menjadi inspirasi bagi banyak desainer motor dari berbagai pabrikan. Namun ternyata; desain skuter Italia yang Anda kenal saat ini dibuat berdasarkan skuter Amerika buatan Cushman sebagai inspirasinya. Skuter buatan pabrik dari Nebraska ini banyak didatangkan ke Eropa sebelum Perang Dunia II sebagai kendaraan lapangan pada saat perang. Ketangguhan dan efisiensi skuter tersebut menginspirasi Renzo Spolti dan Vittorio Casini pada tahun 1944 untuk memulai proyek membuat desain motor skuter untuk Piaggio.

Purwarupa pertama bernama Moto Piaggio no. 5 yang dihasilkan kedua desainer tersebut ternyata gagal memuaskan Enrico Piaggio sehingga ia meminta Corradino D’Ascanio yang merupakan seorang insinyur aeronautika atau pesawat untuk mendesain ulang skuter purwarupa tersebut. Ketidaksukaan Corradino D’Ascanio pada desain sepeda motor konvensional ternyata membawa sebuah terobosan untuk menempatkan mesin di bagian belakang, tepat di samping roda belakang sehingga skuter ini tidak lagi menggunakan rantai yang dinilainya kotor dan merepotkan. Keputusan ini juga mengubah rangka dan bentuk MP5 di bagian tengah; menghasilkan bentuk Vespa yang saat ini Anda kenal dengan bagian tengah yang memberi ruang pada kaki pengemudi untuk duduk dengan sempurna di tengah rangka motor.

Bagian – bagian lain dari skuter tersebut tidak mengalami banyak perubahan dengan tetap menggunakan satu suspensi di bagian samping roda depan, desain roda depan dan belakang yang dapat dilepas dan ditukar dengan mudah serta diberikannya ruang untuk menempatkan roda cadangan. Sistem kontrol untuk skuter ini dipusatkan pada tangan dengan sistem pengaturan gigi percepatan berada di sisi kiri kemudi dan rem depan berada di sisi kanan batang kemudi; hanya rem belakang yang tetap dikontrol menggunakan kaki kanan. Desain pelindung cipratan kotoran yang tinggi di bagian depan tepat di bawah kemudi juga dipertahankan. Enrico Piaggio berkomentar “Sembra una vespa!” ketika pertama kali melihat purwarupa skuter tersebut; yang berarti kurang lebih berarti “Ini mirip dengan bentuk tawon!”. Saat itulah nama Vespa kemudian digunakan untuk nama skuter buatan Piaggio ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *