Tahun 2017, Bajaj Rilis ‘Kembaran’ Vespa Sprint

sprint-04_resize
Ilustrasi Vespa Sprint © AllCarsChannel.com

 

Pernahkah kamu melihat ada sebuah motor asal India yang memiliki tampilan model serupa dengan Vespa Sprint? Tenang, jangan marah dulu dan menuding peniru. Karena pada medio tahun 80-an kala itu, perusahaan Bajaj Auto India mendapatkan lisensi dari Piaggio untuk memproduksi dan me-rebrand Vespa di India.

Saat itu Bajaj ‘melahirkan’ kembali Vespa jadi Bajaj Chetak/Sprint. Tak hanya itu saja, model Vespa PX150 di India juga di-rebrand menjadi Bajaj Chetak yang diproduksi hingga tahun 2006. Kini Bajaj siap merilis varian baru mereka untuk bertarung di tahun depan lewat Bajaj Chetak 2017 yang siap jadi pesaing Vespa.

Bicara soal Bajaj, perusahaan milik Rajiv Bajaj ini memang pernah melupakan skuter saat mereka lebih fokus memproduksi sepeda motor kategori roadster seperti Pulsar yang begitu terkenal di Indonesia. Bahkan untuk model terakhirnya, Pulsar di-rebrand jadi Kawasaki Pulsar 200 NS, seperti dilansir Liputan 6.

bajaj-chetak-2017-vs-vespa-125-1018x640
Vespa Sprint (cokelat) dan Bajaj Chetak 2017 (putih). Bak anak kembar ya?

Namun seiring berjalannya waktu, Bajaj kembali lagi berputar haluan dan mencoba memproduksi skuter matik yang makin digandrungi di India. Media India seperti GaadiWaadi melaporkan bahwa Bajaj siap melahirkan Bajaj Chetak 2017. Kendati sudah tak punya lisensi Piaggio, mau tak mau siapapun akan menilai Bajaj Chetak 2017 begitu kembar dengan Vespa Sprint, terutama bagian belakangnya. Yang berbeda mungkin hanya pada grafis logo yang memiliki huruf B.

Belum banyak informasi soal Bajaj Chetak 2017. Hanya saja konon mesinnya mendekati Vespa dan Aprilia SR 150 yaitu berkapasitas 125cc-150cc. Namun Chetak diklaim punya konsumsi bahan bakar irit dengan tenaga sekitar 10 horsepower saja. Gimana, apakah Chetak akan bisa meraih sukses seperti kembarannya si Vespa Sprint? Dilihat saja deh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *