Vespa Drag, Saat Si ‘Semok’ Beradu Balap

Seperti ini aksi vespa drag © istimewa

 

Tak perlu lagi bicara panjang lebar soal kesan klasik dan elegan, semua orang termasuk kamu pasti setuju kalau Vespa memiliki dua nilai tersebut. Tak heran kalau skuter asal Italia ini memiliki banyak penggemar setia di seluruh penjuru dunia karena keistimewaannya. Hanya saja, kalau kamu hanya menilai Vespa ini jagoan dari penampilan, maka itu salah besar.

Meskipun memiliki bentuk yang semok dan montok, faktanya skuter karya Enrico Piaggio ini tak bisa diremehkan saat balapan lho. Tunggu, tunggu, Vespa bisa dibuat balapan? Bisa dong. Di tangan skuteris yang hobi balap dan benar-benar paham mesin motor, Vespa mampu dimodifikasi dahsyat nan kreatif sehingga dijuluki Vespa Drag, seperti dilansir Vespaholic Indonesia.

Vespa memang memiliki kapasitas mesin standar 150cc, tapi untuk kepentingan balap rupanya mampu digenjot jadi sekita 161cc dengan cara ‘dioprek’ bagian mesinnya. Biasanya yang dibenahi adalah bagian seher dan ring seher alias piston yang diperbesar dari ukuran normalnya. Tak itu saja, kamu juga harus mengubah bagian karburator jika mau vespa kesayanganmu semakin melaju kencang. Bahkan ada yang sampai mengganti karburator asli vespa dengan milik Yamaha RX-King atau Kawasaki Ninja 2 tak.

Salah satu penampakan vespa drag yang kece © Vespaholic Indonesia

Karena bagian mesin yang diotak-atik, vespa drag mampu memiliki tenaga 28 hp yang berarti setara dengan kekuatan standar motor Ninja, whoa! Lalu, apakah semua modifikasi vespa drag menggunakan onderdil motor lain? Tidak juga. Kamu bisa memakai onderdil standar dari Vespa Sprint dan Vespa Spartan yang memang secara spesifikasi mampu melaju lebih cepat. Nah, jika bagian onderdil sudah kamu benahi, ada baiknya kamu memodifikasi bodi vespa lebih ramping dan sederhana dengan cara melepas kedua tepong samping.

Supaya rangka vespa drag kuat, tak ada salahnya kamu memang palang besi sebagai strute bar. Nah gimana? Siap melaju dengan si tawon nan seksi ini?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *