Video Tutorial Cara Mengatur Kabel Perseneling Vespa Manual

sipscooter

Hai sobat Vespisti, kalian pasti pernah mengalami permasalahan sulit untuk mengoper gigi perseneling manual pada tunggangan Vespa klasik? Kabel perseneling seakan terasa molor dan selalu tidak pas pada angka di holder kiri.

Ketika kita dalam kondisi seperti ini jangan terburu-buru untuk ‘gegana’ (gelisah, galau dan merana). Memang banyak faktor yang menyebabkan perpindahan gigi perseneling tidak berfungi optimal.

Langkah awal mengatasi permasalahan seperti ini jika dalam kondisi darurat yang mengharuskan kita turun tangan sendiri mungkin karena jauh dari bengkel, silakan cek sistem perkabelan (kawat seling) perseneling Vespa klasik kita.

Sangat memungkinkan permasalahan ini muncul akibat setelan kabel perseneling manual kita mulai kendor. Sistem pengait kabel pada gigi model kapak berupa napel yang biasanya berupa baut berukuran 7 atau 8 bisa sangat mudah bergeser.

Pertama, kita bisa langsung posisikan holder perseneling (kiri) pada titik netral dan usahakan tidak bergeser sedikit pun sebelum kita beralih mengatur kerapatan kabel dan napel pada gigi kapak.

Selanjutnya buka penutup gigi kapak, setelah itu mulailah untuk menyesuaikan kerapatan kabel perseneling (tarik) dengan merenggangkan baut napel lalu kencangkan kembali ketika dirasa sudah pas. Hal itu lakukan secara bergantian pada dua buah kabel yang ada pada sistem gigi kapak ini.

Setelah semua dirasa pas kerapatan atau kerenggangan kabel perseneling dan kekencanan baut napel berikan vet atau stempet jika ada, kalaupun terpaksa kita bisa manfaatkan oli samping yang ada untuk melumasi sistem gigi kapak tersebut. Lalu pasang kembali penutupnya.

Nah, untuk mempermudah sobat Vespisti sekalian mengaplikasikan cara ini bisa menyaksikan sekelumit video tutorial yang telah dirangkum oleh SIP Scooter berikut ini. Semoga bermanfaat!

Picture & video’s source by Youtube¬†SIPscooterTutorial

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *