Ten-Inch Terror, Vespa Gahar Bermesin 360cc

1

Memodifikasi tunggangan adalah sebuah pilihan. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh Marek Nachlik pada Vespa tercintanya. Sepintas Vespa ini memang tak terlihat aneh, kecuali leher knalpot ekstra besar dan pendingin mesin yang terletak di bagian bawah body.

Jika diperhatikan dengan seksama, bagian tempong (panel samping) Vespa terlihat menyatu dengan body, mirip dengan PTS. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bagaimana cara membuka mesinnya? Nah, apakah Anda sudah siap mental untuk mengintip mesin dan dapur pacunya?

2

Memang kendaraan yang satu ini adalah perpaduan antara Vespa dan motor lain. Hal tersebut sudah tampak pada kedua roda yang ukuran tapaknya melebar. Apalagi ketika Anda mengintipnya dari sisi kanan, tampak sproket dari Honda 750cc melekat pada velg. Baiklah, daripada penasaran, mari kita intip mesinnya.

Tak cukup hanya dengan membuka panel kanan saja, penutup mesin Vespa yang bernama Ten-Inch Terror ini adalah semua bagian atas body, dari jok hingga panel kiri dan kanan. Lalu tampaklah sebuah mesin besar dari motor trail Husqvarna WR 360cc yang juga buatan Italia bertengger di sana. Karena pada dasarnya motor trail tersebut tak menggunakan gardan, maka sproket yang mengintip tadi adalah jawaban dari pertanyaan, bagaimana mesin tersebut menggerakkan roda belakang Vespa Terror ini.

3

Untuk meredam getaran mesin yang demikian besar, tentu saja piranti peredam kejut belakang juga diubah, baik dari panjang, letak, hingga sudut kemiringannya pun diukur dengan teliti. Bahkan, Vespa Terror ini telah mengadaptasi swing arm milik Yamaha XS 400 yang telah dimodofokasi sedemikian rupa agar pas dengan body Vespa. Leher knalpot ekstra besar yang Anda lihat tadi ternyata masuk dan bersarang di panel kiri Sprint, yang juga bertugas menutupi silencer agar tak tampak dari luar.

Jika diperhatikan, body Terror diambil dari Vespa Bajaj. Sementara setir Vespa Rally digunakan sebagai batok kepala. Bagasi besar yang terdapat pada dek bukan lagi bertugas sebagai wadah dari peralatan, namun telah beralih fungsi jadi tangki bahan bakar.

4

Dengan modifikasi tersebut, tak ayal Vespa Terror mampu menghasilkan tenaga hingga 55 tenaga kuda dan torsi maksimum 45 Nm. Dan meski mesinnya terlihat jauh lebih besar dibanding mesin Vespa, namun bobotnya sangat ringan. Berat kosong Vespa Terror ini hanya berkisar 145kg, atau dengan kata lain hanya bertambah sekitar 30kg saja dari bobot aslinya. Artinya, Anda masih bisa membesutnya hingga kecepatan puncak dengan mesin 360cc ini. Sudah siap?

5

6

(Foto: Matthias Dahl/Flickr)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *