The-Scooterist-2

Banyak pengendara roda dua yang lebih suka memodifikasi tunggangan kesayangannya. Demikian juga dengan pengendara Vespa klasik, beberapa di antaranya tak segan memodifikasi Vespa klasik sesuai dengan apa yang diidamkannya dan tampil beda dengan yang lain.

Tak sekedar memodifikasi tampilan luar saja, beberapa orang bahkan menambahkan piranti seperti Nitrous Oxide (NOS) agar tunggangannya mampu berlari kencang. Seperti pria yang satu ini contohnya. Ia telah membuat Vespa kesayangannya tampil gahar, baik dari segi penampilan maupun performa. Daripada penasaran, simak saja foto-fotonya berikut…

The-Scooterist-1

Tak hanya dapur pacu saja, dari segi penampilan, aroma balap jalanan sangat terasa sejak Anda melihat tampilan luar Vespa ini. Bahkan Spakbor depan pun dilepas agar sesuai dengan tren bobber, scrambler, atau streetcub yang kini banyak digandrungi.

The-Scooterist-3

Ban tubeless pun dipilih agar bantingan lebih nyaman. Penghenti laju pada roda depan dan belakang pun tak luput dari perhatian. Rem cakram dipilih agar mumpuni untuk meredam tenaga mesin yang terdongkrak dengan cukup ekstrem.

The-Scooterist-4

Sentuhan modern juga tampak pada lampu belakang, dan beberapa piranti lainnya.

The Scooterist 5

Meski sepintas nampak standar, speedometer Vespa ini telah dijejali indikator digital. Demikian juga dengan tachometer yang bertugas untuk memantau putaran mesin.
The Scooterist 10

Tabung NOS diletakkan pada dek, dengan mounting yang cukup presisi dan rapi agar semakin sedap dipandang.

The Scooterist 11

Untuk mengimbangi agar performa NOS semakin optimal, piston Malossi pun dipilih sebagai andalan. Itupun masih dipadu dengan RD 350 reed block, V force 4 reed, dan karburator 28PHBH. Modifikasi juga dilakukan pada gigi primer, serta penggunaan kopling MMW.

Secara keseluruhan, arah modifikasi Vespa ini memang mengacu pada balap jalanan. Namun tentu saja, berbeda dengan Vespa yang digunakan untuk balap di sirkuit mupun dragrace, masih terasa sentuhan seni pada bodyworks Vespa yang satu ini…

The Scooterist 6

 

Foto: S. S. Scooter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *