Hal-Hal Ini Yang Bikin Vespa Itu Lebih Istimewa

b768eb71c3326a15687ac19e5bed54d9
Ilustrasi vespa

 

Sebelum memberikan penjelasan lebih jauh, ada satu hal yang perlu kamu tahu dan diingat-ingat bahwa vespa itu adalah merk sepeda motor jenis skuter. Gampangnya, tidak semua skuter adalah vespa tapi kalau menyebut vespa sudah pasti skuter. Mengapa perlu dijelaskan? Karena sepertinya banyak orang keliru yang menilai bahwa vespa adalah nama lain dari skuter. Termasuk kamu.

Kembali lagi pada vespa. Merk motor yang berasal dari Italia ini memiliki perusahaan induk bernama Piaggio. Saat pertama kali tiba di Indonesia, Vespa memiliki saingan berat yakni skuter merk Lambretta. Namun perlahan-lahan, vespa yang di Indonesia dipasarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini menjadi distributor tunggal sampai banyak orang Indonesia salah kaprah kalau semua skuter itu bernama vespa.

iv_vespa_in_fiore_april_2013_-imola
Berdua sama kekasih naik vespa? Ayo aja! © Italia.it

Beruntung bagi vespa, mereka memiliki penggemar fanatik terutama klub Vespa Klasik d berbagai kota di Indonesia. Tentu beberapa di antara kamu masih sedikit kepo, apa sih yang bikin banyak orang menggemari vespa? Apa sih kelebihan si pemilik bodi montok ini? Sejatinya vespa adalah alat transportasi ekonomis dengan perbandingan harga dan kualitas yang sebanding. Tak berlebihan jika disebutkan kalau vespa jadi salah satu motor antik dan awet dalam hal mesin, seperti dilansir TDWClub.

Bagi beberapa orang yang telah mengendarai vespa, mereka mengaku bahwa body vespa yang besar mampu menjaga keseimbangan lajunya. Namun kelebihan vespa tak hanya itu lho. Hal lain adalah vespa memiliki konstruksi mesin yang lebih sederhana. Di mana perawatan mesin vespa itu lebih muda karena tak memerlukan mekanisme katup untuk pengaturan bahan bakar maupun pembuangan gas sisa pembakaran.

Jangan diremehkan juga karena vespa sudah memakai teknologi akselerasi spontan sehingga pemakaian oli mesin lebih hemat. Bahkan vespa punya sistem pendingin menggunakan udara yang diatur rotor fan sesuai tingkat kecepatan mesin sehingga lebih stabil. Dengan sistem transmisi roda gigi tanpa perantara rantai, daya tanjak dan efisiensi tenaga vespa lebih besar.

Masih kurang?

Jangan lupakan juga bahwa pengemudi vespa terbebas dari panas mesin karena seluruh mesin tertutup. Serta yang cukup keren, vespa kini jadi ikon budaya yang bisa bikin anak muda makin pede. So, grab ur Vespa and start to ride!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *