Jangan Salah, Lambretta Itu Bukanlah Vespa!

img_3309-1000px
Penampakan Lambretta yang juga nggak kalah elegan © lamacchinaitaliana.com

 

Termasuk yang suka menyebut semua jenis skuter adalah Vespa? Maka kamu harus membenahi ucapanmu. Satu hal yang jelas adalah Vespa itu sudah pasti skuter, tapi tak semua skuter itu Vespa. Bukan tanpa alasan banyak yang salah kaprah, karena Vespa memang menjadi sepeda motor khas Italia. Namun ternyata produsen skuter di Italia tak hanya Piaggio dengan Vespa-nya saja.

Salah satu skuter asal Italia yang sering dianggap merupakan anggota keluarga Vespa adalah Lambretta. Padahal Lambretta adalah merk skuter yang sejatinya merupakan pesaing Vespa. Perjalanan Lambretta sendiri dimulai pada 1922 saat Ferdinando Innocenti sang pemiliknya membangun pabrik pipa baja di Roma. Tahun 1931, Innocenti membangun pabrik tabung baja dengan jumlah pekerja sampai 6.000 orang di Milan. Sama seperti nasib Piaggio yang pabriknya hancur karena bom sekutu di akhir Perang Dunia II, Innocenti pun merasakan hal serupa dan mulai banting stir memproduksi alat transportasi dengan harga bersaing dan punya daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca.

4909831818_7efd9f07a8_b
Lambretta GT200 Scooter – 1964 | by imagetaker!

Innocenti kemudian memilih Lambretta sebagai nama skuter produksinya yang diambil dari kata Lambrate, sebuah daerah di pinggiran kota Milan yang dilalui sungai di mana lokasi pabrik Innocenti berada. Yang unik, konsep skuter sederhana Lambretta dibuat oleh Corradino D’Ascanio, sang ahli pesawat terbang yang di kemudian hari digaet oleh Enrico Piaggio untuk mendesain Vespa, Lambretta kemudian mulai diproduksi massal hingga dipesan oleh militer Amerika untuk alat transportasi lapangan para pasukan terjun dan marinir, seperti dilansir Vespaholic.

Hanya saja hubungan Innocenti dan Corradino memburuk kala sang bos ingin spar frame diproduksi dan diberi merk dari pabrik pembuatan tabung baja miliknya. Kehilangan Corradino, desain akhir Lambretta diselesaikan oleh para insinyur aeronautika, Cesare Pallavicino dan Pier Luigi Torre. Setahun setelah Piaggio meluncurkan Vespa tahun 1946, model pertama Lambretta dirilis pada 1947 dengan pilihan kursi pembonceng untuk penumpang belakang atau sebuah rak/kompartemen untuk menyumpang barang.

Lambretta pun laris manis hingga diproduksi di luar Italia seperti di Argentina, Brazil, Chili, Kolombia, India dan Spanyol. Tahun 1960, penjualan skuter merosot tajam karena munculnya produsen mobil kecil sehingga membuat Innocenti harus berjuang sampai akhirnya menjual Lambretta ke The British Leyland Motor Coorporation (BLMC). Namun kurangnya wawasan bisnis, semakin membuat nasib Lambretta menurun dan menutup Lambretta pada 1972. Nah, meskipun hanya tinggal sejarah, tak ada salahnya kamu penggemar Vespa turut kenal dengan Lambretta yang bisa saja jadi saudara tiri Vespa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *