Hampir semua orang tidak akan keliru ketika mengidentifikasi sebuah skuter Vespa; meskipun tidak semua orang bisa menebak tipe dan tahun keluaran kendaraan tersebut. Namun desain sebuah Vespa sangat ikonik sehingga dengan mudah dikenali. Ada benang merah desain dari Vespa yang pertama kali dibuat hingga Vespa yang terakhir diluncurkan; keunikan desain inilah yang membuat banyak orang keranjingan untuk mengendarai, memiliki dan mengoleksi motor buatan Italia ini. Adalah dua orang Italia bernama Renzo Spolti dan Vittorio Casini yang pertama kali membuat purwarupa dari Vespa yang diberi nama MP5; namun Enrico Piaggio sang pemilik pabrik kurang menyukai desain mereka berdua sehingga meminta Corradino D’Ascanio untuk melakukan perbaikan yang menghasilkan purwarupa MP6 yang merupakan cikal bakal Vespa yang beredar hingga hari ini.

Ada beberapa desain unik dan khas dari sebuah skuter Vespa; salah satunya adalah mesin yang diletakkan di sisi rangka untuk mengeliminir penggunaan rantai penggerak roda. Hal ini membuat mesin Vespa menjadi lebih ringkas dan sederhana; dari segi desain juga membuat bagian belakang Vespa memiliki bentuk gembung melengkung yang khas karena memberi ruang untuk menempatkan mesin di sisi kanan. Sedangkan di sisi kiri; biasanya dibuat bentuk serupa yang seringkali dijadikan sebagai ruang penyimpanan atau menempatkan roda cadangan. Adanya roda cadangan juga merupakan keputusan desain unik lain dari kendaraan ini. Sistem bongkar pasang roda depan dan belakang serta penggunaan ukuran roda yang sama memberi kemudahan untuk mengganti roda dengan cepat dan mudah.

Desain unik lain dari sebuah skuter Vespa adalah dibuatnya pelindung kaki pengendara dari cipratan air, kotoran serta angin yang dibuat tinggi hingga bawah batang kemudi. Bentuk pelindung dan penutup mesin yang melengkung dan lebar menjadi beberapa aspek desain yang membuat Vespa sangat ikonik, selain tampilan depan dengan bentuk lampu, penutup roda dan ukuran roda yang kecil. Sistem kontrol Vespa yang dipusatkan di batang kemudi juga membuat kendaraan ini tidak biasa; karena Anda harus memutar batang kemudi untuk memindahkan gigi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *