Quarantasei, Vespa Jadul Yang Datang Dari Masa Depan

Vespa Quarantasei kala dirilis tahun 2012 © totalmotorcycle.com

 

Ketika semua jenis sepeda motor mulai berlomba-lomba menciptakan produk terbaru, vespa tetap memiliki penggemar setia yang begitu memuja bentuknya. Motor jenis skuter ini memang memiliki kelebihan yang seakan bisa membuat siapapun enggan berpindah hati. Termasuk mungkin kamu salah satunya. Hal yang enggan membuat fans vespa beralih ke skuter modern adalah karena tidak memiliki bentuk klasik seperti pendahulunya.

Namun kini para penggemar skuter asal Italia ini bisa bernostalgia. Karena Piaggio, perusahaan induk Vespa, telah membuat ulang vespa generasi pertamanya yang lahir pada 1946 silam. Produk bernama Quarantasei ini bahkan sudah debut dalam ajang EICMA 2011 di Milan – Italia. Saat itu semua orang melihat jika Quarantasei tak ubahnya sebuah skuter modern dengan desain klasik khas Vespa MP6. Meskipun sudah dirilis hampir lima tahun lalu, ternyata tak semua penggemar vespa pernah berkenalan dengan Quarantasei.

Modern, Quarantasei reinkarnasi 946 © totalmotorcycle.com

Sekilas melihat Quarantasei, kamu masih bisa menemukan buritan bulat khas tawon dalam body Quarantasei. Bahkan desain lampu, spakbor dan pijakan kaki, sengaja dibuat Piaggio mirip dengan vespa jadul mereka yang begitu melegenda itu. Namun kesan futuristik dan modern tampak saat kamu melihat bagian jok yang begitu elegan dan mewah. Belum lagi semua lampunya memakai LED, panel indikator digital dan tentunya rem cakram dengan ABS.

Quarantasei memiliki mesin 4 tak, 125 cc satu silinder lengkap dengan pendingin udara. Istimewanya lagi, Quarantasei dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar dan diklaim bisa memproduksi tenaga sampai 8,7 kW di 8.250 rpm, wow! Tak hanya 125 cc, Piaggio juga memproduksi Quarantasei versi 150 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 9,7 kW di 8.000 rpm.

2012-vespa-quarantaseic-small
Dengan harga menembus 100 juta rupiah per unit, mau? © totalmotorcycle.com

PT Piaggio Indonesia sempat berujar kepada Tribun News bahwa Quarantasei memang diproduksi terbatas yang tampaknya hanya ditujukan pada pemuja 946. Apalagi Quarantasei ini memiliki handgrip yang dijahit pakai tangan sehingga memiliki nilai seni tinggi dan mengatrol harganya hingga menembus angka 150 juta rupiah satu unitnya.

Dengan harga setara moge 650 cc dua silinder, tampaknya Quarantasei memang bakal diburu oleh para penggemar vespa jadul. Adakah di antara kamu yang sudah punya Quarantasei di garasi rumah?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *