mod-scooter-3

Skuter bukan hanya tren di masa kini. Jika ditelusuri, kendaraan yang satu ini juga sangat tren di masa Mod Revival. Mereka yang tinggal di wilayah Inggris Utara pada masa itu pasti lebih memilih untuk naik skuter dibanding kendaraan lainnya.

Entah naik Vespa atau Lambretta, skuter memang kendaraan yang sangat fungsional dan enak dikendarai di dalam kota jika dibanding motor lain yang ukuran serta mesinnya jauh lebih besar kala itu. Jika di masa kini Anda bisa melihat berbagai macam merk skuter (matic), pada masa Mods masih berjaya pun juga ada skuter dengan merk selain kedua brand ternama di atas.

mod-scooter

Adalah Manurhin Scooter yang kala itu juga banyak dikendarai masyarakat. Sepintas mirip Lambretta, skuter yang satu ini merupakan salah satu besutan perusahaan otomotif ternama asal Jerman, yaitu DKW. Di masa kini, DKW telah bertransformasi menjadi Audi dan tak lagi memproduksi kendaraan roda dua.

Kembali ke DKW Manurhin, skuter klasik ini rilis pada tahun 1957. Nama Manurhin diambil dari perusahaan senjata Perancis yang bernama Manufacture de Machines du Haut-Rhin. Awalnya, DKW Hobby Scooter ini diproduksi tahun 1956. Kemudian kendaraan ini dibuat di beberapa tempat, menggunakan kandungan lokal.

mod-scooter-4

Mengandalkan mesin Manurhin MR75, skuter buatan DKW yang berada di bawah lisensi Manurhin ini kemudian banyak beredar di Inggris. DKW memang kala itu juga menghentikan pembuatan Hobby, nah Manurhin lah yang kemudian melanjutkan produksinya. Skuter klasik ini pertama kali dijual di sebuah rumah lelang Inggris bernama Bonham dengan harga 253 Poundsterling.

Versi terbaru Manurhin inilah yang kemudian berhasil menduduki peringkat ke-3 dari semua skuter yang beredar di Eropa setelah Vespa dan Lambretta.

mod-scooter-2

 

[image taken from: http://www.bikeexif.com/]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *