Ternyata Ini Lho Asal-Usul Vespa, Sang Penyengat Yang Jadi Idola

© vir.com.vn

 

Well, apa maksud judul di atas? Hmm, apakah ada kaitanya motor vespa dengan hewan penyengat? Tentu saja ada. Karena itu menjadi sejarah dari seluk beluk vespa yang harus diketahui para Scooterist. Menyebutkan vespa klasik pasti tak lepas dari cerita perusahaan Piaggio di Italia.

Pada awalnya, Piaggio adalah sebuah perusahaan Italia pembuat pesawat terbang, peralatan kapal dan gerbong kereta api. Namun saat akhir Perang Dunia II berkecamuk, Piaggio dibom oleh sekutu. Semenjak itu Enrico Piaggio yang merupakan putra dari Rinalo Piaggio mengambil alih perusahaan, seperti dilansir Vespa Scooter Center.

vespa-logo-straight-font
Sekarang vespa jadi ikon budaya

Menjalankan perusahaan di masa ekonomi sulit, Enrico memutuskan untuk mendesain alat transportasi yang murah. Dia lalu menggaet ahli pesawat terbang bernama Corradino D’Ascantio. Mereka berdua membuat desain kendaraan roda dua dengan inspirasi dan teknologi pesawat terbang. Kendaraan ciptaan mereka saat itu memiliki konstruksi suspensi monoshock yang bisa membuat pengguna dengan mudah mengganti ban. Bahkan bentuk ban dalam produk pertama mereka benar-benar memakai roda pesawat terbang lho.

Karena dibuat di masa usai perang, bagian produk Enrico saat itu terbuat dari komponen bom dan alumunium bak bodi pesawat terbang. Sejarah mencatat jika vespa klasik pertama dibuat oleh Piaggio pada tahun 1945. Saat itu nama vespa dipercaya berasal dari Wasp yang bisa berarti binatang penyengat atau lebah.

Bukan tanpa alasan mengapa dinamakan Wasp, karena jika kamu melihat bodi vespa dari atas, memang tampak seperti lebah. Lambat laun, kata Wasp itupun berubah dan lebih familiar disebut sebagai Vespa. Sejak itu dimulailah popularitas vespa di tingkat dunia. Permintaan konsumen membuat vespa laris di Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil sampai India sana. Kesuksesan Vespa membuat lahirnya merk sepeda motor jenis skuter lainnya seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU dan Hummel. Namun yang pertama tetaplah yang terlaris dan itu milik vespa, sang hewan penyengat!

Jadi, apakah kamu termasuk yang sudah tersengat oleh pesona si vespa ini? Tetap dijaga sampai kapanpun ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *