Vespa PTS 90 Sanggup Ladeni Motor Sport? Bisa!

3349020284_be84a7be2d
Inilah Vespa PTS 90 yang bisa tampil garang © via belajarmodifmotor

 

Ingatlah satu hal, jangan pernah menyerah ketika ada penunggang motor sport menantang vespa kesayanganmu untuk beradu melaju di jalan raya. Karena rupanya si montok ini memiliki kemampuan untuk bisa meladeni motor sport keluaran masa kini. Apalagi jika mereka berjumpa dengan Vespa PTS 90 milik Devy Yanwar yang diproduksi tahun 1976 ini.

Tunggu, apakah ini maksudnya PTS 90 bisa melaju kencang bak motor balap? Dengan bentuknya yang ramping dan seolah tak bertenaga itu? Jawabannya adalah iya.

Kepada Motorplus-Online, Devy mengaku pernah beradu laju dengan Kawasaki Ninja 150 R. Bahkan masalah tenaga si skuter semok ini tidak kalah dari bawah sampai atas. Satu-satunya penghalang menurutnya adalah bodi PTS 90 yang lebih imut, sehingga membuat Devy agak ngeri membawanya kebut-kebutan. Banyak yang penasaran, apakah memang bisa PST 90 diajak kebut-kebutan? Rupanya rahasia terbongkar saat bagian dalam mesin dibuka.

pts-jakarta2-201404225
Tampilan PTS 90 milik Devy yang dimodif

Ternyata mesin PTS 90 miliknya diganti dengan part racing buatan Italia seperti paket bore up Polini Evolution dengan diameter piston 58 mm. Jika dulunya kapasitas PTS 90 hanya 90 cc, mampu melonjak mencapai 134,7 cc! Luar biasa. Namun satu hal yang harus kamu ingat, saat kapasitas mesin diubah, maka pengapian juga harus ikut dimodif.

Untuk itu, kamu jangan lupa menambahkan satu set pengapian racing keluaran Polini ke dalam bodi PTS 90 yang siap di-makeover ini. Dalam satu set itu, kamu bisa mendapatkan CDI, koil, magnet dan spul yang tinggal pasang. Setelah bagian mesin diganti, kamu pastinya ingin perpindahan tenaga semakin cepat, untuk itu transmisi harus diubah menjadi 4 speed.

Devy menambahkan PTS 90 miliknya ini yang memiliki standar 3 speed  dengan proses penggantian memakai gigi rasio RMS Vespa 125 Primavera yang asyiknya tinggal pasang saja. Last but not least, berikan peredam kejut dari Carbone Sport. Dijamin, PTS 90 kamu akan tampil ganteng saat melawan motor-motor sport.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *